Welcome to my blog...blog ini dibuat sekedar untuk mengisi waktu dan Menyalurkan hobby saya yang suka berlama-lama depan komputer.

Sabtu, 18 Juli 2009

@Konsultasi

. Sabtu, 18 Juli 2009

Kalau kalian punya masalah yang berkaitan dengan kesehatan,seksualitas, pacaran, belajar, konflik dengan ortu, teman, atau bahkan konflik dengan diri sendiri, kalian bisa ikutan konsultasi lewat blog ini. Kalian bisa kirim konsultasi ke saya, dan saya akan balas lewat email atau saya tampilkan dalam blog ini......

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Dear pengasuh Curhat yang baik
Saya cewek usia 19 tahun. Mempunyai banyak pertanyaan seputar menstruasi.

1. mengapa menstruasi saya tidak teratur? Kadang kadang sebulan sekali, kadang kadang dua kali sebulan, bahkan pernah dua bulan tidak mens sama sekali.
2. kadang kalau pas lagi mens perut saya skit sekali, dan biasanya saya kompres dengan botol berisi air panas.
3. Apakah minum obat untuk menstruasi untuk mengurangi rasa sakit bisa menggnggu kesehatan?

Terimakasih atas jawabannya.

Dewi

anda' Mulianda mengatakan...

buat dek dewi,berhubung adek tidak menyertakan alamat email,jadi saya jawab disini aja ya.

Menstruasi adalah keluarnya darah melalui vagina yang terjadi sebulan sekali karena sel telur yang sudah matang tidak dibuahi. Keluarnya sel telur berarti dia sedang dalam keadaan subur (masa subur). Masa subur ini hanya terjadi dalam 24 jam, 14 hari sebelum menstruasi terjadi. Nah, pada duapuluh jam inilah seorang perempuan bisa hamil apabila terjadi hubungan seksual. Untuk mengetahui kapan masa subur yang akan datang tidak mudah, karena banyak perempuan yang daur menstruasinya tidak teratur, sehingga sulit mengetahui masa suburnya. Daur menstruasi berlangsung sekitar 21 hari sampai 35 hari, dan rata ratanya adalah 28 hari. Keluarnya darah mens terjadi selama 3 sampai 7 hari. Jadi Adi, daur mens temen kamu itu masih berada pada batas normal.

Banyak perempuan yang mengalami perubahan perubahan emosi selama menstruasi, misalnya mudah marah, gampang tersinggung, dsb. sebagian merasakan sakit atau nyeri. Rasa sakit ini biasanya wajar selama tidak berlebihan (sampai hampir pingsan, misalnya), dan bisa diatasi dengan olah raga, atau minum jamu tertentu, atau obat penahan sakit. Hanya saja kamu mesti hati hati mengkonsumsi obat penahan sakit, karena bisa menyebabkan ketergantungan dan menurunnya efektifitas obat bila dikonsumsi terus menerus.
Apabila kamu merasakan sakit yang tidak tertahankan lagi, kamu sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti.

Mengenai daur mens yang tidak teratur, bisa juga disebabkan beberapa hal, salah satunya adalah situasi emosional yang sedang dialami saat itu. Misalnya kalau kita stress atau cemas, maka bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Akan tetapi siklus yang kacau dan perbedaannya sangat jauh antara mens satu dengan mens yang lainnya bisa disebabkan karena berbagai alas an yang membutuhkan pemeriksaan langsung. Perlu juga diwaspadai adanya kelainan pada saluran telur karena infeksi, atau sebab lainnya. Untuk itu lebih baik kalau kamu pergi ke dokter sehingga bisa diperiksa dan dipastikan kondisi kesehatan reproduksimu.

Nah,Dewi, semoga jawaban nya memuaskan yah. Bye!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

bagi semua yang sudah membaca,harap memberi komentar apa adanya,demi menambah motivasi agar bisa menampilkan artikel yang lebih bermanfaat lagi...

 

Buku Tamu

Project Playlist

Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008