Welcome to my blog...blog ini dibuat sekedar untuk mengisi waktu dan Menyalurkan hobby saya yang suka berlama-lama depan komputer.

Kamis, 04 Februari 2010

Ini 200 Benda dan Seni budaya Yang Sudah Dipatenkan Malaysia

. Kamis, 04 Februari 2010


Wayang dan gamelan ini sudah di patenkan oleh Malaysia sebagai warisan budaya mereka

Malaysia sudah mematenkan berbagai warisan kebangsaan dari mulai makanan, kesenian, hingga kebudayaan. Selain sudah mematenkan ketupat dan nasi tumpeng, Malaysia juga sudah mendaftarkan Wayang Kulit dan Gamelan.
Daftar Warisan dan Warisan Kebangsaan terbagi menjadi tiga kategori.

Kategori itu yakni tapak warisan, objek warisan, dan orang hidup. Untuk kategori tapak warisan berisi bangunan-bangunan bersejarah dengan nilai arkeologi yang tinggi. Kategori objek warisan berisi daftar makanan, kesenian, kebudayaan, hingga lukisan berharga asli Malaysia.

Sedangkan kategori orang hidup berisi tokoh-tokoh penting Malaysia yang masih hidup. Tokoh-tokoh itu dinilai memiliki peran sangat penting terhadap nilai sejarah Malaysia.
Berikut ini Daftar 200 seni budaya dan artefak yang sudah di patenkan Malaysia. Nama , No Paten dan Tanggal di Daftarkan

1. Boria P.U.(A) 78 23 Feb 2009
2. Tarian Zapin P.U.(A) 78 23 Feb 2009
3. Gamelan P.U.(A) 78 23 Feb 2009
4. Tarian Bhangra (Tarian Kaum Sikh) P.U.(A) 78 23 Feb 2009
5. Taitan Bharata Natyam (Tarian Kaum India) P.U.(A) 78 23 Feb 2009
6. Tarian Khatak (Tarian Kaum India) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
7. Gendang Dua Puluh Empat Perayaan (Gendang Cina) P.U.(A) 78 23 Feb 2009
8. Chingay P.U.(B) 439 13 Nov 2008
9. Tarian Topeng Mah Meri (Mayin Jooh) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
10. Menora P.U.(B) 439 13 Nov 2008

Rendang khas padang pun sudah di patenkan Malaysia

11. Ghazal P.U.(B) 439 13 Nov 2008
12. Rodat P.U.(B) 439 13 Nov 2008
13. Tarian Giddha (Tarian Kaum Punjabi) P.U.(B) 439 13 Nov 2008 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009 Punjabi)
14. Tarian Kuchipudi (Tarian Kaum India) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
15. Mek Mulung P.U.(B) 439 13 Nov 2008
16. Sape P.U.(B) 439 13 Nov 2008
17. Datun Julud P.U.(B) 439 13 Nov 2008
18. Hadrah P.U.(B) 439 13 Nov 2008
19. Canggung P.U.(B) 439 13 Nov 2008
20. Cak Lempong P.U.(B) 439 13 Nov 2008
21. Bongai P.U.(B) 439 13 Nov 2008
22. Hamdolok P.U.(B) 439 13 Nov 2008
23. Dikir Barat P.U.(A) 78 23 Feb 2009
24. Dabus P.U.(B) 439 13 Nov 2008
25. Belotah P.U.(B) 439 13 Nov 2008
26. Tarian Asyik P.U.(B) 439 13 Nov 2008
27. Tarian Kipas (Tarian Kaum Cina) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
28. Tarian Ulik Mayang P.U.(B) 439 13 Nov 2008
29. Trinai P.U.(B) 439 13 Nov 2008
30. Tandak Melayu P.U.(B) 439 13 Nov 2008 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009

Pisang Goreng juga dipatenkan Malaysia
31. Adat Valaikappu (Kaum India) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
32. Berkhitan/Bersunat Anak-anak Melayu P.U.(B) 439 13 Nov 2008
33. Melenggang Perut (Kaum Melayu) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
34. Adat Cukur Jambul (Kaum Melayu) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
35. Buka Tanah Baru (Iban Sarawak) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
36. Adat Petudui (Melanau Sarawak) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
37. Sogit (Kadazan) P.U.(B) 439 13 Nov 2008
38. Wau Tradisi Malaysia P.U.(A) 78 23 Feb 2009
39. Galah Panjang P.U.(B) 439 13 Nov 2008
40. Hencang Buah Keras P.U.(B) 439 13 Nov 2008
41. Sepak Raga Bulatan P.U.(B) 439 13 Nov 2008
42. Congkak P.U.(A) 78 23 Feb 2009
43. Gasing P.U.(A) 78 23 Feb 2009
44. Batu Seremban P.U.(B) 439 13 Nov 2008
45. Dam Haji P.U.(B) 439 13 Nov 2008
46. Guli P.U.(B) 439 13 Nov 2008 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
47. Ketinting P.U.(B) 439 13 Nov 2008
48. Jan-Jan Jala Itik P.U.(B) 439 13 Nov 2008
49. Konda Kondi P.U.(B) 439 13 Nov 2008
50. Aci Sorok P.U.(B) 439 13 Nov 2008
51. Cari Cucu P.U.(B) 439 13 Nov 2008
52. Nasi lemak P.U.(A) 454 25 Dis 2008
53. Nasi ayam P.U.(A) 454 25 Dis 2008
54. Nasi kunyit (pulut kuning) P.U.(A) 454 25 Dis 2008
55. Nasi tumpang (tumpeng) P.U.(A) 454 25 Dis 2008

56. Nasi kerabu P.U.(A) 454 25 Dis 2008
57. Nasi dagang P.U.(A) 454 25 Dis 2008
58. Nasi himpit P.U.(A) 454 25 Dis 2008
59. Nasi goreng P.U.(A) 454 25 Dis 2008
60. Nasi ulam P.U.(A) 454 25 Dis 2008

Tak hanya Budaya Indonesia, Patung Budha pun di petenkan mereka juga
61. Ketupat P.U.(A) 454 25 Dis 2008
62. Lemang P.U.(A) 454 25 Dis 2008
63. Pulut kukus dalam periuk kera P.U.(A) 454 25 Dis 2008
64. Pulut panggang P.U.(A) 454 25 Dis 2008 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
65. Mi Mamak P.U.(A) 454 25 Dis 2008
66. Laksa asam P.U.(A) 454 25 Dis 2008
67. Char kuay teow Pulau Pinang P.U.(A) 454 25 Dis 2008
68. Laksa Johor P.U.(A) 454 25 Dis 2008
69. Rendang P.U.(A) 454 25 Dis 2008
70. Serunding P.U.(A) 454 25 Dis 2008

71. Ayam percik P.U.(A) 454 25 Dis 2008
72. Manok pansoh P.U.(A) 454 25 Dis 2008
73. Masak asam pedas P.U.(A) 454 25 Dis 2008
74. Gulai tempoyak ikan patin P.U.(A) 454 25 Dis 2008
75. Ikan bakar P.U.(A) 454 25 Dis 2008
76. Masak ikan tanah liat P.U.(A) 454 25 Dis 2008
77. Gulai lemak umbut P.U.(A) 454 25 Dis 2008
78. Gulai lemak lada padi P.U.(A) 454 25 Dis 2008
79. Gulai asam rom P.U.(A) 454 25 Dis 2008
80. Kari kepala ikan P.U.(A) 454 25 Dis 2008
81. Kurma daging P.U.(A) 454 25 Dis 2008
82. Pajeri P.U.(A) 454 25 Dis 2008 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
83. Masak ikan dan pisang dalam buluh P.U.(A) 454 25 Dis 2008
84. La-tiang P.U.(B) 476 18 Dis 2008
85. Daging dendeng P.U.(A) 454 25 Dis 2008
86. Ayam panggang P.U.(A) 454 25 Dis 2008
87. Botok-botok ikan P.U.(A) 454 25 Dis 2008

88. Teh tarik P.U.(A) 454 25 Dis 2008
89. Cendol P.U.(A) 454 25 Dis 2008

Cendol juga termasuk di dalam daftar yang sudah di patenkan, gimana ini gan?
90. Air batu campur (ABC) P.U.(A) 454 25 Dis 2008
91. Air kelapa P.U.(A) 454 25 Dis 2008
92. Air selasih P.U.(A) 454 25 Dis 2008

93. Hinava/ Umai P.U.(A) 454 25 Dis 2008
94. Pekasam P.U.(A) 454 25 Dis 2008
95. Tempoyak P.U.(A) 454 25 Dis 2008
96. Otak-otak P.U.(A) 454 25 Dis 2008
97. Sambal belacan P.U.(A) 454 25 Dis 2008

98. Cencaluk P.U.(A) 454 25 Dis 2008
99. Budu P.U.(B) 476 18 Dis 2008
100. Sambal gesek ikan bilis P.U.(A) 454 25 Dis 2008 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
101. Sate atau Satay P.U.(A) 454 25 Dis 2008
102. Yee sang P.U.(A) 454 25 Dis 2008
103. Sata P.U.(A) 454 25 Dis 2008
104. Telur pindang P.U.(A) 454 25 Dis 2008
105. Kerabu mangga muda P.U.(A) 454 25 Dis 2008
106. Acar buah P.U.(A) 454 25 Dis 2008
107. Kuih keria P.U.(A) 454 25 Dis 2008
108. Kuih koci P.U.(A) 454 25 Dis 2008
109. Akok P.U.(A) 454 25 Dis 2008
110. Kuih seri muka P.U.(A) 454 25 Dis 2008
111. Kuih cara P.U.(A) 454 25 Dis 2008
112. Kuih bingka P.U.(A) 454 25 Dis 2008
113. Kuih bakul P.U.(A) 454 25 Dis 2008
114. Kuih bulan P.U.(A) 454 25 Dis 2008
115. Kuih cincin P.U.(A) 454 25 Dis 2008
116. Kuih bakar P.U.(A) 454 25 Dis 2008
117. Kuih sepit P.U.(A) 454 25 Dis 2008
118. Apam balik P.U.(A) 454 25 Dis 2008 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
119. Pisang goreng P.U.(A) 454 25 Dis 2008
120. Keropok P.U.(A) 454 25 Dis 2008

121. Opok-opok P.U.(A) 454 25 Dis 2008
122. Karipap P.U.(A) 454 25 Dis 2008
123. Buah melaka atau ondeh-ondeh P.U.(A) 454 25 Dis 2008
124. Lempeng P.U.(A) 454 25 Dis 2008
125. Bahulu P.U.(A) 454 25 Dis 2008
126. Dodol P.U.(A) 454 25 Dis 2008
127. Lempuk durian P.U.(A) 454 25 Dis 2008
128. Wajik P.U.(A) 454 25 Dis 2008
129. Seri kaya P.U.(A) 454 25 Dis 2008
130. Halwa P.U.(A) 454 25 Dis 2008
131. Agar-agar sakar P.U.(A) 454 25 Dis 2008
132. Halwa sukun P.U.(B) 476 18 Dis 2008
133. Tapai P.U.(A) 454 25 Dis 2008
134. Masalodeh P.U.(A) 454 25 Dis 2008
135. Putu mayam P.U.(A) 454 25 Dis 2008
136. Muruku P.U.(A) 454 25 Dis 2008
DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
137. Roti jala P.U.(A) 454 25 Dis 2008
138. Roti canai P.U.(A) 454 25 Dis 2008
139. Tosai P.U.(A) 454 25 Dis 2008
140. Penderam P.U.(A) 454 25 Dis 2008
141. Kuih lopis P.U.(A) 454 25 Dis 2008
142. Wajik sirat P.U.(B) 476 18 Dis 2008
143. Wajik ubi kayu P.U.(B) 476 18 Dis 2008
144. Puding P.U.(B) 476 18 Dis 2008
145. Laddu P.U.(A) 454 25 Dis 2008
146. Bubur pedas sarawak P.U.(A) 454 25 Dis 2008
147. Bubur Asyura P.U.(A) 454 25 Dis 2008
148. Bubur sum-sum P.U.(A) 454 25 Dis 2008
149. Bubur kacang hijau P.U.(A) 454 25 Dis 2008
150. Ubi kayu P.U.(A) 454 25 Dis 2008
151. Sagu P.U.(A) 454 25 Dis 2008

152. Seni Persilatan Melayu P.U.(A) 85 26 Feb 2009 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
153. Makyung P.U.(A) 85 26 Feb 2009
154. Wayang Kulit P.U.(A) 85 26 Feb 2009
155. Bangsawan P.U.(A) 85 26 Feb 2009
156. Sewang P.U.(A) 85 26 Feb 2009
157. Ngajat P.U.(A) 85 26 Feb 2009
158. Sumazau P.U.(A) 85 26 Feb 2009
159. Dondang sayang P.U.(A) 85 26 Feb 2009
160. Joget Melayu P.U.(A) 85 26 Feb 2009
161. Tarian Singa atas Tiang P.U.(A) 85 26 Feb 2009
162. Rumah Terbuka Malaysia P.U.(A) 85 26 Feb 2009
163. Jalur Gemilang P.U.(A) 85 26 Feb 2009
164. Bunga raya P.U.(A) 85 26 Feb 2009
165. Hukum Kanun Pahang P.U.(B) 487 25 Dis 2008
166. Hukum Kanun Melaka [MSS 23](Manuskrip Melayu)P.U.(A) 121 16 Mac 2009 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
167. Keris Panjang DiRaja P.U.(A) 121 16 Mac 2009
168. Tengkolok DiRaja P.U.(A) 121 16 Mac 2009
169. Gandik DiRaja P.U.(A) 121 16 Mac 2009
170. Pending DiRaja P.U.(A) 121 16 Mac 2009
171. Keris Pendek DiRaja P.U.(A) 121 16 Mac 2009
172. Kalung DiRaja P.U.(A) 121 16 Mac 2009
173. Cogan Alam P.U.(A) 121 16 Mac 2009
174. Cogan Agama P.U.(A) 121 16 Mac 2009
175. Cokmar P.U.(A) 121 16 Mac 2009
176. Panji-Panji DiRaja P.U.(A) 121 16 Mac 2009
177. Surat Persendirian Zainal Abidin bin Ahmad (ZABA) – SP.18 P.U.(B) 48 9 Feb 2009
178. Surat persendirian Tengku Omar Ibni Almarhum Sultan Ahmad Shah (Baginda Omar) – SP. 6 P.U.(B) 48 9 Feb 2009
179. Pemasyhuran Malaysia 1963(p.128) P.U.(B) 48 9 Feb 2009 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
180. Perjanjian Kuala Lumpur 1974 (P.3/74) P.U.(B) 48 9 Feb 2009

Budaya India pun mereka patenkan, ini tari Kuchipudi dari India
181. Perisytiharan Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 1974 (P.1/74) P.U.(B) 48 9 Feb 2009
182. Perjanjian Labuan (P.24.84) P.U.(B) 48 9 Feb 2009
183. Pantun P.U.(B) 60 23 Feb 2009
184. Syair P.U.(B) 60 23 Feb 2009
185. Tulisan Jawi P.U.(B) 60 23 Feb 2009

186. Syiling emas pemerintahan Sultan Muzaffar Shah (1564 – 1570), Johor P.U.(B) 117 16 Apr 2009
187. Syiling emas kijang No. Pendaftaran: No. 357 P.U.(B) 117 16 Apr 2009
188. Syiling emas pemerintahan Sultan Alau’uddin Riayat Shah I (1527/28-1564), Johor P.U.(B) 117 16 Apr 2009
189. Syiling emas pemerintahan Sultan Zainal Abidin II (1793- 1808), Terengganu P.U.(B) 117 16 Apr 2009
190. Pending Melayu No. Pendaftaran: E1014.1979 P.U.(B) 117 16 Apr 2009
191. Tepak sireh Sultan Abdul Samad P.U.(B) 117 16 Apr 2009
192. Patung Avalokitesvara P.U.(B) 117 16 Apr 2009 DWK [AKTA 645] | 13/05/2009
193. Celepa Diraja Terengganu No. Pendaftaran: E1508.1962 P.U.(B) 117 16 Apr 2009
194. Arca Budha duduk P.U.(B) 117 16 Apr 2009
195. Loceng gangsa P.U.(B) 117 16 Apr 2009
196. Alat batu dalam suevit, Bukit Bunuh, Lenggong, Perak P.U.(B) 117 16 Apr 2009
197. Lukisan mencelop batik, Cheong Lai Tong (1958) P.U.(B) 161 07 Mei 2009
198. Lukisan lembu berlaga, Tay Hooi Keat (1958) P.U.(B) 161 07 Mei 2009
199. Lukisan mandi laut, Datuk Syed Ahmad Jamal (1957) P.U.(B) 161 07 Mei 2009
200. Lukisan Minah, Datuk Mohd Hossien Enas (1958).

Kenapa Pemerintah Indonesia tidak bersikap tegas,inikah ciri pemerintahan sekarang? Lemah dan selalu mengalah meski harga diri sudah diinjak-injak?? woiii....Bangunnnnn...Ternyata Negaraku sudah "Kritis".

14 komentar:

Anonim mengatakan...

Loh kenapa kita2 koq diam aja hampir semua budaya kita Indonesia sudah diambil si Malingsia....

Anonim mengatakan...

gak ada yang merhatiin yang kayak gini sih..
mana departeman kebudayaan indonesia??kerjanya ngapain aja ya?! :-o :p

Anonim mengatakan...

wahh parah yaa si malingsia :|

rivermoon mengatakan...

masyaallah... ampe tari dari Inia juga dipatenkan? ckckckc.. lama2 piramid mesir juga ikut dipatenkan.. susah kalo uda negara maling mah... lama2 masuk guiness book of record negara paling maling seduia!!

Anonim mengatakan...

tenang aja populasi malaysia di indonesia juga udah mulai berkurang nih,,,,ada kuburan masalnya kok

elizer mengatakan...

ah malingsia.. lo emang koplok x(

Anonim mengatakan...

X( kesel bngt gue sama malingshit. siapa sih yg bikin ide mencuri kebudayaan indonesia?

Anonim mengatakan...

bukti nyata klo malaysia negara yg ga punya apa2

raka mengatakan...

dasar maling-sia

Anonim mengatakan...

nanti istana merdeka dan negara jg dipatenkan....tunggu aja....:(

Anonim mengatakan...

http://www.topix.com/forum/world/malaysia/TV514BFASK6PBGKQO

Negara jiran Malaysia mengancam akan mengklaim bahasa nasional Indon sebagai bahasa Melayu (bahasa Malaysia).“Pemerintah Malaysia akan mengklaim bahasa Indon sebagai bahasa Melayu. Karena bahasa Melayu adalah bahasa Malaysia,” ujar Wakil Duta Besar Malaysia untuk Indon, Datuk Abdul Azis Harun kepada wartawan di sela-sela helaran “Kemilau Nusantara 2007″ di Gedung Sate Bandung, Minggu (25/11).
ncaman tersebut, katanya, akan dilaksanakan apabila masyarakat dan pemerintah Indon masih mempermasalahkan klaim Malaysia terhadap kesenian reog Ponorogo dan lagu “Rasa Sayange”.

Anonim mengatakan...

Pendet Malaysia

# Putu Setia

Geger tari Pendet, yang diklaim Malaysia sebagai tari tradisionalnya, sudah menyurut. Penyelesaiannya pun khas Melayu. Pemerintah Malaysia mengaku tak tahu urusan itu, karena promosi pariwisata di kerajaan tersebut dikerjakan swasta. Adapun pihak swasta yang membuat tayangan promosi itu sudah meminta maaf karena mereka mendapatkan gambarnya dari pihak ketiga. Sedangkan pihak ketiga, yang entah siapa, diduga mendapatkan bahan dari sekeping VCD yang dibelinya di Bali--bisa jadi pula VCD bajakan, yang memang mudah sekali diperoleh di kaki lima.

Ya, urusan selesai, mau diapakan lagi? Tari Pendet adalah klaim yang kesekian kali oleh Malaysia terhadap budaya Indonesia. Sebelumnya ada reog Ponorogo, kain batik, wayang kulit, angklung, keris, beberapa lagu. Urusan non-budaya juga ada, misalnya klaim terhadap Pulau Sipadan dan Ligitan. Hebatnya, Malaysia selalu menang. Artinya, mereka berhasil mendapatkan publikasi tanpa menerima hukuman apa pun, sedangkan di Indonesia, orang hanya teriak-teriak di jalanan sambil mengacungkan tangan: ganyang Malaysia.

Ketika sejumlah seniman Bali bersedih atas klaim tari Pendet ini, saya sempat tertawa dalam hati. Sebab, begitu bodohnya Malaysia mengklaim sesuatu. Begitu banyak jenis tari di Bali, baik yang tradisional maupun setengah tradisional, kenapa memilih tari Pendet? Hanya orang idiot yang bisa diyakinkan bahwa tari Pendet milik orang non-Bali. Jika promosi pariwisata itu dilakukan dengan cara-cara orang idiot, memangnya ada yang percaya? Apa turis yang mau disasar Malaysia adalah turis yang bloon? Jadi memprotes kerjaan orang bodoh, ya, sama juga bodoh.

Tari Pendet awalnya tari sakral, persembahan untuk Hyang Widhi, Tuhan dalam sebutan orang Bali. Meskipun diprofankan oleh seniman tari angkatan Nyoman Reneng, tetap saja bau sakralnya ada. Dan terus terang, irama dan busana tari itu tak cocok--atau bahkan bisa disebutkan bertentangan--dengan akidah Islam, agama mayoritas di Malaysia. Karena itu, saya tak habis pikir, bagaimana mungkin sebuah "negara kerajaan" yang berbasis ajaran Islam berani mengklaim kesenian dari khazanah budaya Hindu yang wanita penarinya menonjolkan aurat.

Saya menduga, Malaysia telah kehilangan jati diri, setidaknya kehilangan kepercayaan terhadap kemampuan bangsanya sendiri, terutama dalam hal budaya. Karena tak percaya akan modal bangsanya, negara itu lantas mengklaim berbagai kekayaan budaya negeri jirannya, Indonesia. Nah, kenapa kita justru ribut? Mestinya kita kasihan dan membantu Malaysia dengan menyodorkan lebih banyak lagi budaya kita untuk mereka klaim. Setelah batik, reog, wayang, angklung, Pendet, ya, jika perlu, nanti kita sodorkan jaipong, tayub, bedoyo, dan banyak lagi. Lalu, kita tawari mereka mengklaim Pancasila sebagai dasar negara, kemudian merah putih sebagai bendera bangsanya, dan siapa tahu nanti terus mengklaim Presiden SBY sebagai kepala negaranya.

Nah, setelah itu, kita tinggal mengundang para sultan di Semenanjung Malaysia ke Senayan dan Ketua MPR RI membacakan maklumat: "Dengan rahmat Tuhan Yang Mahakuasa, Semenanjung Malaysia resmi sebagai Daerah Istimewa Khusus Malaysia bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Sarawak resmi menjadi Provinsi Kalimantan Utara."

Inilah sejatinya yang diniatkan Mahapatih Gajah Mada ketika mengucapkan Sumpah Palapa. Kini kita mewujudkan sumpah itu tanpa bau mesiu, karena dibukakan jalan damai: mulai dari klaim-mengklaim budaya. Selamat datang, Malaysiaku, Indonesia yang sebenarnya.

Anonim mengatakan...

Pendet Malaysia

Putu Setia

Geger tari Pendet, yang diklaim Malaysia sebagai tari tradisionalnya, sudah menyurut. Penyelesaiannya pun khas Melayu. Pemerintah Malaysia mengaku tak tahu urusan itu, karena promosi pariwisata di kerajaan tersebut dikerjakan swasta. Adapun pihak swasta yang membuat tayangan promosi itu sudah meminta maaf karena mereka mendapatkan gambarnya dari pihak ketiga. Sedangkan pihak ketiga, yang entah siapa, diduga mendapatkan bahan dari sekeping VCD yang dibelinya di Bali--bisa jadi pula VCD bajakan, yang memang mudah sekali diperoleh di kaki lima.

Ya, urusan selesai, mau diapakan lagi? Tari Pendet adalah klaim yang kesekian kali oleh Malaysia terhadap budaya Indonesia. Sebelumnya ada reog Ponorogo, kain batik, wayang kulit, angklung, keris, beberapa lagu. Urusan non-budaya juga ada, misalnya klaim terhadap Pulau Sipadan dan Ligitan. Hebatnya, Malaysia selalu menang. Artinya, mereka berhasil mendapatkan publikasi tanpa menerima hukuman apa pun, sedangkan di Indonesia, orang hanya teriak-teriak di jalanan sambil mengacungkan tangan: ganyang Malaysia.

Ketika sejumlah seniman Bali bersedih atas klaim tari Pendet ini, saya sempat tertawa dalam hati. Sebab, begitu bodohnya Malaysia mengklaim sesuatu. Begitu banyak jenis tari di Bali, baik yang tradisional maupun setengah tradisional, kenapa memilih tari Pendet? Hanya orang idiot yang bisa diyakinkan bahwa tari Pendet milik orang non-Bali. Jika promosi pariwisata itu dilakukan dengan cara-cara orang idiot, memangnya ada yang percaya? Apa turis yang mau disasar Malaysia adalah turis yang bloon? Jadi memprotes kerjaan orang bodoh, ya, sama juga bodoh.

Tari Pendet awalnya tari sakral, persembahan untuk Hyang Widhi, Tuhan dalam sebutan orang Bali. Meskipun diprofankan oleh seniman tari angkatan Nyoman Reneng, tetap saja bau sakralnya ada. Dan terus terang, irama dan busana tari itu tak cocok--atau bahkan bisa disebutkan bertentangan--dengan akidah Islam, agama mayoritas di Malaysia. Karena itu, saya tak habis pikir, bagaimana mungkin sebuah "negara kerajaan" yang berbasis ajaran Islam berani mengklaim kesenian dari khazanah budaya Hindu yang wanita penarinya menonjolkan aurat.

Saya menduga, Malaysia telah kehilangan jati diri, setidaknya kehilangan kepercayaan terhadap kemampuan bangsanya sendiri, terutama dalam hal budaya. Karena tak percaya akan modal bangsanya, negara itu lantas mengklaim berbagai kekayaan budaya negeri jirannya, Indonesia. Nah, kenapa kita justru ribut? Mestinya kita kasihan dan membantu Malaysia dengan menyodorkan lebih banyak lagi budaya kita untuk mereka klaim. Setelah batik, reog, wayang, angklung, Pendet, ya, jika perlu, nanti kita sodorkan jaipong, tayub, bedoyo, dan banyak lagi. Lalu, kita tawari mereka mengklaim Pancasila sebagai dasar negara, kemudian merah putih sebagai bendera bangsanya, dan siapa tahu nanti terus mengklaim Presiden SBY sebagai kepala negaranya.

Nah, setelah itu, kita tinggal mengundang para sultan di Semenanjung Malaysia ke Senayan dan Ketua MPR RI membacakan maklumat: "Dengan rahmat Tuhan Yang Mahakuasa, Semenanjung Malaysia resmi sebagai Daerah Istimewa Khusus Malaysia bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Sarawak resmi menjadi Provinsi Kalimantan Utara."

Inilah sejatinya yang diniatkan Mahapatih Gajah Mada ketika mengucapkan Sumpah Palapa. Kini kita mewujudkan sumpah itu tanpa bau mesiu, karena dibukakan jalan damai: mulai dari klaim-mengklaim budaya. Selamat datang, Malaysiaku, Indonesia yang sebenarnya.

subagio wibowo mengatakan...

Selamat Datang di Website OM AGUS
Izinkan kami membantu anda
semua dengan Angka ritual Kami..
Kami dengan bantuan Supranatural
Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
Mengagumkan…Bisa Menerawang
Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
dengan sangat Membutuhkan
Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
berada Di blog yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami..Anda
Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
Hasil Ritual Dari=OM AGUS, 2D,3D,4D
di jamin Tembus 100% silahkan:
Hub : (OM AGUS)
(085-399-278-797)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

bagi semua yang sudah membaca,harap memberi komentar apa adanya,demi menambah motivasi agar bisa menampilkan artikel yang lebih bermanfaat lagi...

 

Buku Tamu

Project Playlist

Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008