Welcome to my blog...blog ini dibuat sekedar untuk mengisi waktu dan Menyalurkan hobby saya yang suka berlama-lama depan komputer.

Kamis, 09 Oktober 2008

@BEI dibuka kembali,Lima Jurus Penyelamatan Pasar Modal

. Kamis, 09 Oktober 2008

Pemerintah memutuskan membuka kembali transaksi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (10/10) hari ini. Rencananya, perdagangan indeks harga saham gabungan (IHSG) akan mulai ditransaksikan sejak perdagangan sesi pertama. Atas hal itu, pemerintah telah menyiapkan lima jurus penyelamatan pasar modal terkait sentimen negatif bursa global.


'Kami terus menjaga integritas pasar modal dengan melakukan beberapa tindakan, sehubungan dengan pembukaan kembali bursa saham besok pagi,' ungkap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Kamis (9/10) kemarin.

Sebelumnya, perdagangan di lantai bursa Rabu (9/10) lalu pada pukul 11.06.14 WIB dihentikan sementara oleh direksi BEI. Ini dilakukan sehubungan terjadinya panic selling (aksi jual besar-besaran - red) seiring sentimen atas penurunan indeks di bursa global.

Lima Langkah
Menkeu menuturkan, pemerintah telah menempuh lima langkah untuk menyelamatkan pasar modal. Diharapkan adanya aturan itu mampu memberikan situasi yang kondusif dan ketenangan sekaligus memberikan kepercayaan kembali terhadap para pelaku pasar.

Lima langkah tersebut; dihapusnya aturan market to market untuk surat utang yang dimiliki perbankan. Aturan baru tersebut telah disepakati dengan IAI (Ikatan Akuntan Indonesia). Dengan begitu, bank lebih mudah mengurus portofolionya surat utangnya. Langkah kedua, melonggarkan aturan terkait dengan aturan buy back oleh seluruh emiten di bursa.

Langkah ketiga, menambah likuiditas melalui belanja kementerian dan lembaga. Pemerintah akan mengoperasikan APBN untuk menambah likuiditas di pasar dengan cara mendorong belanja. Keempat, pembelian saham BUMN yang terkoreksi tajam padahal fundamentalnya baik melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Depkeu. Langkah kelima adalah penegakan hukum oleh Bapepam dan SRO terhadap para pelaku pasar yang telah melanggar aturan.

Mengenai hal tersebut, menurut Menkeu, karena otoritas bursa dan badan pengawas pasar modal menengarai anjloknya indeks tidak hanya dipengaruhi sentimen global. 'Ada juga faktor-faktor yang tidak wajar,' katanya.

Menurutnya, ada pihak-pihak yang mengambil kesempatan dalam kondisi krisis ekonomi global dengan cara short selling dan mengembuskan rumor gagal bayar emiten Group Bakrie. 'Akan kita observasi tiga bulan terakhir,' ujarnya.

Sri Mulyani mengatakan, pembentukan harga saat indeks terjun bebas kemarin tidak mencerminkan pembentukan harga yang wajar. Sebab, mekanisme pasar tidak wajar. 'Ada kepanikan dan tingkah laku tidak wajar karena ketidakpastian pasar global,' tandasnya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

bagi semua yang sudah membaca,harap memberi komentar apa adanya,demi menambah motivasi agar bisa menampilkan artikel yang lebih bermanfaat lagi...

 

Buku Tamu

Project Playlist

Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008