Welcome to my blog...blog ini dibuat sekedar untuk mengisi waktu dan Menyalurkan hobby saya yang suka berlama-lama depan komputer.

Sabtu, 11 Oktober 2008

@Hadapi Influenza Dengan vitamin C

. Sabtu, 11 Oktober 2008

Perubahan cuaca sering membuat daya tahan tubuh menurun dan menjadi sangat rentan terhadap penyakit. Jika daya tahan tubuh kita sudah menurun, virus penyebab batuk, pilek, dan sakit perut seperti diare akan mudah menghampiri dan mulai menyerang.

Biasanya, dalam kondisi yang demikian, antibiotik menjadi andalan untuk mengatasi gangguan penyakit-penyakit tersebut. Padahal, sebenarnya tubuh kita telah memiliki mekanisme sistem kekebalan yang digunakan untuk menangkal faktor atau zat yang berasal dari luar tubuh yang dapat membahayakan kesehatan kita.Karena kekebalan tubuh bersifat dinamis dan virus mampu bermutasi, kita harus mempunyai gaya hidup yang sehat untuk dapat memperkuat pertahanan tubuh kita. Apalagi saat ini banyak bermunculan penyakit-penyakit baru yang berbahaya, seperti virus flu burung.

Flu merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus, yang menyebabkan peradangan pada sistem pernapasan kita. Selama ini, vitamin C bukan hanya dikenal sebagai primadona-nya vitamin, tetapi banyak orang yang menggunakannya sebagai penangkal flu dan mengobati sariawan.

Berdasarkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Dr. Linus Pauling, diketahui bahwa vitamin C memiliki kemampuan untuk menghambat partikel virus agar tidak menyebar melalui sel dan jaringan tubuh. Selain itu, vitamin C juga mengurangi kemampuan molekul oksigen sampai menjadi radikal bebas, kemudian menghancurkan asam nukleat virus.Apabila melihat manfaat dari vitamin, rasanya tidak salah jika kita mulai membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh kita dengan gaya hidup sehat dan selalu mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, seperti buah jambu batu, jeruk, apel, kapri, daun pepaya dan lain sebagainya.

Cara mencegah flu, antara lain biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun, minum banyak air putih; minimal 8 gelas sehari, usahakan menghindari orang lain yang terkena flu. Jaga selalu daya tahan tubuh dengan cukup istirahat, konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan selalu memenuhi kebutuhan vitamin C.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

bagi semua yang sudah membaca,harap memberi komentar apa adanya,demi menambah motivasi agar bisa menampilkan artikel yang lebih bermanfaat lagi...

 
Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008