Welcome to my blog...blog ini dibuat sekedar untuk mengisi waktu dan Menyalurkan hobby saya yang suka berlama-lama depan komputer.

Senin, 06 Oktober 2008

@Goa SeRopan,Keindahan dipeRut Bumi

. Senin, 06 Oktober 2008

Gua Seropan, terletak di Desa Semuluh , kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua seropan berada sekitar 45 km sebelah timur Jogja. Goa ini merupakan salah satu goa yang cukup besar yakni dengan panjang sekitar 888 meter dan kedalaman 63 meter. Dengan kondisi ini, Goa Seropan sering menjadi tujuan para pecinta alam untuk melakukan petualangan di perut bumi. Pintu gua terletak pada titik terendah dari sebuah lembah yang tertutup. Jalan yang menuju ke pintu gua terjal diatas batu yang licin. Setelah itu lorongnya beratap rendah sampai kemudian melewati suatu ruangan yang lebih besar. Bagian lorong berikutnya dasar lantainya berair dan berlumpur hingga selutut. Panjang lorong ini sekitar 211 meter pada percabangan lorong, ke sungai bawah tanah yang memiliki debit air sangat besar lebih dari 750 lt / dt di musim kemarau. Salah satu keindahan di dalam goa ini adalah adanya air terjun setinggi kurang lebih 7 meter. Sampai saat ini belum diketahui kemana air terjun itu selanjutnya mengalir. Dan tentu saja, stalagtit dan stalagmit yang terbentuk selama ribuan tahun menjadi satu keindahan yang luar biasa.


Selain itu, Goa Seropan juga menjadi salah satu catatan sejarah manusia purba. Di tempat ini ditemukan sejumlah fosil manusia purba. Hal ini semakin mengkukuhkan bahwa Gunungkidul sesungguhnya pada masa lalu kondisinya tidak seperti sekarang ini, tetapi merupakan daerah kaya air. Tetapi karena proses alam selama ribuan tahun, menyebabkan perubahan besar. Termasuk hilangnya jalur Bengawan Solo yang dulu juga melintas di daerah ini.

Namun proses alam pada masa lalu itu telah menjadikan Gunungkidul sebagai kawasan kars yang cukup unik serta memiliki keragaman hayati. Inilah yang menjadi alasan kuat bagi Internasional Union of Speleologi untuk mengusulkan kepada PBB sebagai bentukan alam warisan dunia (world natural heritage). 

Hanya saja, pengelolaan goa-goa di Kabupaten Gunungkidul belum dikelola serius baik untuk objek wisata maupun dimanfaatkan sebagai sumber air. Padahal di daerah ini terdapat ratusan goa dalam tanah yang hampir seluruhnya mempunyai sumber air yang cukup besar. Pemanfaatan sumber air hanya dilakukan oleh warga secara mandiri dengan peralatan sederhana.

Jalur yang di tempuh adalah Jogja - Wonosari -disambung jalan yang menuju ke arah Bedoyo. Terletak 200 meter dari jalan Wonosari - Bedoyo. Dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Goa ini bisa menjadi alternatif hiburan buat anda sekeluarga tentunya,maka mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa....

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

bagi semua yang sudah membaca,harap memberi komentar apa adanya,demi menambah motivasi agar bisa menampilkan artikel yang lebih bermanfaat lagi...

 

Buku Tamu

Project Playlist

Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008