Welcome to my blog...blog ini dibuat sekedar untuk mengisi waktu dan Menyalurkan hobby saya yang suka berlama-lama depan komputer.

Rabu, 08 Oktober 2008

@Kisah SeoRang Sersan Perempuan Dalam Pasukan AS

. Rabu, 08 Oktober 2008

Sekarang ini mayoritas masyarakat AS mengatakan, dibanding dengan korban manusia dan harta, perang itu tidak ada gunanya. Dan suatu kesalahan mengirimkan pasukan ke Irak. Perlawanan juga muncul di kalangan tentara.

Lima tahun lalu perang Irak dimulai dengan dukungan warga Amerika Serikat. Salah satunya Selena Coppa. Pada usia 17 tahun Selena Coppa masuk dinas militer. Ia berjiwa patriotik, mencintai militer dan melihatnya sebagai organisasi yang sebetulnya membantu manusia. Tapi sekarang organisasi ini mendukung dan menolerir tindakan buruk. Perempuan berusia 25 tahun itu mengeluhkan kesenjangan antara tuntutan dan kenyataan:

"Seorang anggota satuan saya kembali dari Irak dan memiliki masalah psikis. Ia tidak dirawat dan tetap boleh memegang senjata. Ketika ia dalam suatu perkelahian ia disemprot dengan gas air mata oleh petugas keamanan, ia langsung meraih senjatanya. Karena itulah reaksi yang dilatih dalam militer. Petugas keamanan yang melihatnya meraih senjata, menembaknya. Tunangan tentara ini sedang menunggu kelahiran bayi kembar dan mengalami keguguran. Saya kemudian bertanya, bagaimana itu bisa terjadi. Saya dibilang agar dapat mengatasi kesedihan saya. Seorang prajurit tidak boleh meratapi kematian.“ Begitu katanya.

Karena Selena Coppa sering melancarkan kritik, ia juga sering mendapat masalah.

"Sesaat sesudah saya berkomentar menyangkut serdadu yang tewas itu, saya dipanggil atasan. Dia bilang, saya sebaiknya berhenti mengajukan keberatan. Ia punya teman-teman di rumah sakit militer Walter Reed. Ia tahu saya tidak gila, tapi jika saya terus menanyakan perihal tentara yang tewas tertembak itu, ia akan mengupayakan agar saya dikurung di sana, untuk jangka waktu sesuai perintahnya.“

Kekuasaan yang dimiliki atasan terhadap anak buahnya sangat besar, demikian kata Selena Coppa. Tidak selalu diperlukan tuntutan dari pengadilan militer, tapi ada juga cara non formal untuk menghukum tentara yang membangkang. Apakah disiksa, lebih sering ditempatkan di luar negeri, mendapat tugas yang riskan atau mendapat jam tugas yang panjang.

Selena juga sudah pernah mendapat ancaman, anak perempuannya yang berusia lima tahun akan disingkirkan. Atasan militer tidak ragu-ragu menggunakan anak sebagai alat melawan seseorang.

Sebagai ibu, situasi tersebut tentunya sangat sulit. Tapi Selena Coppa tidak akan meninggalkan militer. Ia berharap situasinya akan kembali berubah dan tetap berupaya untuk memberikan kontribusi dengan kritiknya dan memberi semangat tentara lain untuk membela diri. Karena jika bukan mereka yang mengubahnya, mungkin anak perempuannya suatu saat nanti harus menghadapi perang yang tidak ada gunanya. Demikian Selena Coppa yang akan segera memasuki tugasnya di Jerman sebagai sersan bagian sandi.

Betapa susahnya mau berbuat kebaikan...

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

bagi semua yang sudah membaca,harap memberi komentar apa adanya,demi menambah motivasi agar bisa menampilkan artikel yang lebih bermanfaat lagi...

 
Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008