Welcome to my blog...blog ini dibuat sekedar untuk mengisi waktu dan Menyalurkan hobby saya yang suka berlama-lama depan komputer.

Sabtu, 04 Oktober 2008

@Tips Bepergian Bersama BaLita

. Sabtu, 04 Oktober 2008

Libur Lebaran sebentar lagi usai. Kini saatnya kembali ke kota asal. Bila Anda melakukan perjalanan bersama balita, perlu trik khusus agar perjalanan panjang tetap menyenangkan.

Sebelum berangkat, bersihkan mobil, termasuk interiornya. Mobil yang bersih menyenangkan siapa saja. Boleh saja menggunakan parfum interior baru, tapi hati-hati kalau tidak cocok malah bikin balita gelisah.

Aturlah barang bawaan agar ada cukup ruang gerak untuk mereka. Tempatkan barang yang dibutuhkan dalam perjalan pada posisi yang mudah dijangkau, termasuk bekal, juga snack dan minuman (lebih baik air dari cola ataupun kopi). Jadi Anda tidak perlu setiap saat memutar badan untuk memenuhi permintaan mereka.

Bekal seperti mainan favorit, buku cerita, buku mewarnai, game watch. Bisa juga kaset/CD lagu kesayangan. Kalau mobil Anda dilengkapi perangkat audio video, membawa film-film baru juga membantu mereka mengusir bosan. Ajaklah mereka ngobrol, bercerita atau main tebak-tebakan. Dengan kegiatan ini, perjalanan terasa singkat. Bisa juga diajari permainan baru.

Bila mobil Anda punya fasilitas untuk melepas kursi, bisa dipertimbangkan untuk melepasnya sebagian/seluruh kursi hingga tercipta ruang lebih lega bagi balita. Bentangkan kasur busa berlapis tikar plastik/karpet agar mereka lebih bebas bermain, jika lelah bisa berbaring tidur.

Untuk mencegah tumpahan air ataupun minuman lain menyerap ke penutup kursi, bisa memanfaatkan diaper (popok sekali pakai) tipis. Diaper punya daya serap yang luar biasa dan bisa langsung dibuang ditempat sampah. Plastik dan handuk juga bisa dipakai untuk alas kursi anak.

Siapkan pula tas berukuran sedang dengan penutup resleting ideal untuk menyimpan popok basah, celana dan baju lembab oleh keringat dan bahkan diaper yang penuh cairan. Menyimpannya di tas tertutup, mencegah aroma dari barang-barang itu menyebar keseluruh interior.

Tissue basah (seperti diaper, barang ini juga bisa didapat di supermarket, khususnya rak bayi) bermanfaat untuk membersihkan tangan dan badan anak. Ini juga menyegarkan mereka.

Bila koper disimpan di bagasi atau di atas atap, penting sekali untuk mennyimpan beberapa helai pakaian anak untuk ganti di perjalanan, untuk jaga-jaga. Sering berganti pakaian juga membantu menyegarkan anak dan membuatnya tampil lebih menarik ketika sampai di tujuan.

Keluar dari mobil tiap dua jam, karena balita butuh kesempatan untuk melemaskan otot dan menghirup udara segar. Untuk sesaat, biarkan mereka bermain.

Terakhir, jangan sekali-kali meninggalkan balita di dalam mobil tanpa pengawasan orang dewasa. Kecerobohan itu bisa berakibat fatal. Banyak anak tewas karena kepanasan dan terperangkap dalam mobil.

semoga bermanfaat terutama buat para ibu-ibu yang ingin bepergian...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Membentangkan kasur dalam kendaraan untuk anak balita dapat bermain atau untuk berbaring/tidur adalah sangat membahayakan, yaitu ketika terjadi keadaan yang mengharuskan pengemudi untuk ngerem mendadak, atau jika terjadi tabrajkan.Untuk balita yang berumur kira-kira 2-5 tahun dapat duduk di jok mobil khusus bagi kanak-kanak, yang dipasang di atas jok yang ada, dan memasang seat belt dengan baik. Untuk bayi sebaiknya digendong oleh ibunya, dengan alat gendong yang dapat menjaga bayi terlepas dari pangkuan. Dan tentu saja si ibu/penggendong mekai sabuk pengaman/ seat belt dengan baik.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

bagi semua yang sudah membaca,harap memberi komentar apa adanya,demi menambah motivasi agar bisa menampilkan artikel yang lebih bermanfaat lagi...

 

Buku Tamu

Project Playlist

Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008