Welcome to my blog...blog ini dibuat sekedar untuk mengisi waktu dan Menyalurkan hobby saya yang suka berlama-lama depan komputer.

Sabtu, 11 Oktober 2008

@Paus Melantik Suster Pertama di India

. Sabtu, 11 Oktober 2008


TRIVANDRUM : Puluhan ribu orang berkumpul di sebuah kota kecil di bagian selatan India untuk merayakan pelantikan Suster Alphonsa sebagai seorang biarawati Katolik Roma, Sabtu (11-10).

Suster Alphonsa merupakan wanita suci pertama di India ketika yang akan dilantik Paus Benediktus dalam satu upacara khusus di Vatikan, di tengah aksi kekerasan terburuk berlatar belakang agama di India dalam beberapa dasawarsa.

"Itu merupakan peristiwa yanga sangat penting dan suatu pengakuan besar bagi wanita kelahiran India asli dari keluarga India," kata Uskup Archbishop Raphael Cheenath di Negara Bagian Orissa, bagian timur India, tempat serangan-serangan terhadap warga Kristen belakangan ini yang menewaskan 35 orang.

"Dalam penderitaan sekarang ini, hal itu akan membantu kita dan menginspirasi kita," katanya. Puluhan ribu orang memenuhi sebuah gereja di Kota Bharananganam, Negara Bagian Kerala, tempat asal Alphonsa, menjelang pelantikan itu.Alphonsa akan menjadi orang suci kedua India setelah Gonsalo Garcia, keturunan Potugis yang dilantik di India pada 1862. Alphonsa Muttathupadathu lahir di Kudamaloor, sebuah desa kecil dekat Kottayam, dan kehilangan ibunya semasih kecil.

Acara khusus akan dilakukan di semua gereja Katolik di negara bagian itu, tempat Saint Thomas, salah satu dari 12 rasul, yang diyakini tiba pada 52 Masehi, yang membawa Kristen ke India.Lonceng gereja direncanakan berdering dan kembang api dinyalakan di seantero Kerala, saat Paus melantik Sister Alphonsa sebagai orang suci pada pukul 13.30 (14.30 WIB), kata Uskup Dominic Vechoor, kanselir keuskupan Palai, tempat ia menjadi biarawati dari 1927 hingga meninggal pada 1946.

Upacara pelantikan itu direncanakan disiarkan secara langsung oleh televisi dari Vatikan, tempat sejumlah besar gereja dan pejabat negara bagian dan warga Katolik India diperkirakan mengikutinya. Sekitar 100 ribu orang diperkirakan menghadiri acara itu pada Ahad.Warga Kristen di India berjumlah sekitar 2,3 persen dari total penduduk India. Penganut Katolik menempati 70 persen dari jumlah minoritas itu. Umumnya mereka bermukim di selatan dan timur India.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

bagi semua yang sudah membaca,harap memberi komentar apa adanya,demi menambah motivasi agar bisa menampilkan artikel yang lebih bermanfaat lagi...

 

Buku Tamu

Project Playlist

Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008