Welcome to my blog...blog ini dibuat sekedar untuk mengisi waktu dan Menyalurkan hobby saya yang suka berlama-lama depan komputer.

Kamis, 09 Oktober 2008

@Penulis asal Prancis Raih Nobel sastra

. Kamis, 09 Oktober 2008


SWEDIA: Penulis dan pengembara Prancis Jean-Marie Gustave Le Clezio dianugerahi Hadiah Nobel bidang sastra.Pria yang dilahirkan di Kota Riviera, Nice, pada 13 April 1940 itu dijuluki sebagai salah satu penulis Prancis paling dikenal di luar negaranya.Novel pertama Le Clezio, Le Proces-Verbal (1963), diterbitkan ketika ia berusia 23 tahun.

Ia dipandang sebagai pendatang baru pergerakan Nouveau Roman (Novel Baru) yang dipimpin Alain Robbe-Grillet. Le Clezio adalah pengagum dua pengembara hebat, Robert Louis Stevenson dan Joseph Conrad. Dan ia seorang pengembara.Kegemarannya menjelajah dapat terlihat dari karya-karya fiksinya yang berlatar belakang berbagai negara, mulai Meksiko, Gurun Sahara, hingga Paris dan London. Le Proces-Verbal mengantarkan pria yang kini berusia 68 tahun itu meraih penghargaan Renaudot pada 1963. Renaudot merupakan penghargaan sastra paling prestisius kedua setelah Goncourt.

Novel terbarunya, Ritounelle de la faim (Cerita Lama tentang Kelaparan), dirilis tahun ini dan mengeksplorasi rasa bersalah Prancis akan zaman peperangan di masa lampau.Le Clezio lahir dari ayah yang berkewarganegaraan Inggris. Sedangkan sang ibu adalah warga Prancis. Ia memiliki darah Mauritius, sebuah negara pulau di Samudera Hindia.Le Clezio sempat mengajar di Univesitas London dan Universitas Bristol, Inggris. Pada akhir 1960-an, ia menjelajah Meksiko dan Panama tempat ia menghabiskan beberapa bulan di antara warga Indian Emberas.

"Sebuah pengalaman yang telah mengubah hidup saya, ide-ide saya tentang hidup dan seni, cara-cara hidup dengan orang lain, berbicara, makan, tidur, mencintai, dan bahkan bermimpi," kata Le Clezio.

Ketertarikan Le Clezio akan cara hidup orang lain membuat sejumlah kalangan kritikus menggambarkan karya-karyanya sebagai "fiksi metafisika". "Saya memiliki perasaan sebagai sebuah benda yang sangat kecil di planet ini dan sastra memungkinkan saya mengekspresikan itu," ujarnya.

Le Clezio telah menghasilkan lebih dari 20 novel. Beberapa di antara yang paling tersohor antara lain Le Guerre (1970, Perang), Mondo (1978), Desert (1980, Gurun), Le Chercheur d'Or (1985, Sang Pendulang), Onitsha (1991), dan Etoile Errante (1992, Bintang Pengembara).

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

bagi semua yang sudah membaca,harap memberi komentar apa adanya,demi menambah motivasi agar bisa menampilkan artikel yang lebih bermanfaat lagi...

 

Buku Tamu

Project Playlist

Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008